• Welcome

    SELAMAT DATANG DI BLOG RESMI PUSAT INFORMASI DAN DISKUSI

    Selamat Datang di Virtual Study Dosenmuda.org

    Friday, 14 September 2018

    Pengembangan Ekonomi Kreatif melalui “DISKUSI ENTREPRENEURSHIP” Bersama Kak Winda AFFANDI (Desainer + instagram marketer Semarang) & Astrid Oktiana (Owner New Sisterz Butique Semarang)

    Pengembangan Ekonomi Kreatif melalui “DISKUSI ENTREPRENURSHIP”
    Bersama Kak Winda AFFANDI (Desainer + instagram marketer Semarang)
    &
    Astrid Oktiana (Owner New Sisterz Butique Semarang)


    Jumat, 14 september 2018 adalah hari yang bahagia dan istimewa bagi adik-adik mahasiswa IAIN Pekalongan. Karena pada hari itu beberapa perwakilan dari mahasiswa ini terpilih untuk mengikuti “DISKUSI ENTREPRENURSHIP” yang dipromotori oleh IBU HAPPY SISTA DEVY MM (selaku Dosen CPNS IAIN Pekalongan).beberapa mahasiswa tersebut sebelumnya telah diseleksi sangat ketat dan baik dan didapatlah beberapa mahasiswa yang terbagi menjadi 7 kelompok bidang usaha antara lain :
    1. Kelompok Baggy Pants
    2. Kelompok Desain Arsitektur
    3. Kelompok Baitu Kosmetik.
    4. Kelompok WKYES
    5. Kelompok Pizza Rakyat
    6. Kelompok  Studio Musik & Rekaman
    7.

     Acara ini berlangsung sangat antusias dan meriah. Mulai dari jam 08.00 wib yang dibuka dengan salam dan menyanyikan lagu indonesia raya. Setelah itu sambutan dari Penyelenggara yang disampaikan lansung oleh Ibu Happy Sista Devy MM. Dalam sambutannya Ibu happy berharap acara ini mampu menjadi inspirasi dan pendorong mahasiswa-mahaasiswa IAIN Pekalongan terutama pordi Ekonomi Syariah untuk dapat menjadi pribadi yang mandiri, bisa berwirausaha dan peka terhadap perkembangan teknologi. Serta mampu menyadari segala potensi kearifan lokal yang ada disekitarnya, dalam penutup sambutan bu happy menekankan tentang indahnya tagline Kita jika bisa dilaksanakan secara Sempurna, “jadilah mahasiswa IAIN yang berJiwa Spiritualitas tinggi, cinta pada tanah Air (Nasionality), berfikir cerdas dan kritis (Scientific) serta mandiri dan sukses (Entrpereneur)”. Setelah itu acara dilanjutkan dengan diskusi Entreprenurship yang memang sangat dinantikan oleh adik-adik mahasiswa.

    Hadir sebagai Narasumber dua pengusaha muda cantik asal Semarang yaitu kak Winda Affandi (Desainer + instagram marketer) dan Kak Astrid Oktiana(Owner Newsisterzbutik). Berikut ini adalah biografi dari Kak Winda dan kak astrid :

    Nama            : Winda Affandi
    Ttl                   : Kendal, 29 Oktober 1995
    Pendidikan akhir formal : SMA N 1 Sukorejo
    Pendidikan akhir non formal:
    -Pondok Pesantren Darusalam Muntilan
    -LPTB Susan Budihardjo
    Pengalaman kerja :
    - penjahit
    - patern marker di Cotton club

    PROFIL SINGKAT PERSONAL DAN BISNIS
     PROFIL SINGKAT PERSONAL
    DATA PRIBADI
    Nama Lengkap                  : Astrid Oktiana Sari
    Domisili                             : Semarang
    Jenis Kelamin                     : Perempuan
    Agama                                  :  Islam
    Telepon                               : 08222353120 / 08222353102
    Email                                     : newsisterzbutik@gmail.com
    Pendidikan                         :
    -          SD Negeri Wonodri 04 Semarang
    -          SMP Negeri 3 Semarang
    -          SMU Negeri  15 Semarang
    -          Universitas Soegijapranata (UNIKA) Semarang
    -          LPTB Susan Budiharjo Semarang

    -          Timisaschi Fashion Artists Design

    berbagai macam seminar  workshop baik yang diadakan oleh pemerintah maupun swasta seperti :
    -          Seminar Selling In The Last Quarter by James Gwee
    -          Workshop Permodalan dan Pengelolaan Keuangan Syariah UKM Kreatif by Deputi Akses Permodalan & Be Kraf
    -          Workshop Perkuat DNA Brand Untuk Persaingan di Pasar Global by Indonesian Fashion Chamber & KADIN Jawa Tengah
    -          Workshop Sukses Dagang Online Dengan Foto Produk Keren by Yuliandi Kusuma
    -          Talkshow Creativity To Be Reality by Deden Siswanto & Indonesian Fashion Chamber
    -          Seminar The New Paradigm Of Customer – Centric Company by UNIKA Soegijapranata Semarang
    -          Seminar Workshop “Make The Web Design” by UNIKA Soegijapranata Semarang


    Dalam diskusi ini kak winda menceritakan banyak hal tentang hidupnya yang penuh ika-liku dan perjuangan yang pantang menyerah serta pentingnya generasi milenial untuk paham dan bisa menggunakan sosial media sebagai media pemasaran yang efketif. Berikut ini adalah materi yang dapat admin tulis dan simpulkan :

    Pengertian Instagram
    Instagram adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membagikan foto dan video. Instagram sendiri merupakan bagian dari Facebook, setelah Mark Zuckenberg mengakuisisinya pada tahun 2012. Dan karena merupakan bagian dari Facebook, memungkinkan teman di Facebook bisa mem-follow akun instagram kita. Makin populernya Instagram sebagai aplikasi yang digunakan untuk membagi foto, membuat banyak penggunanya yang mulai melakukan bisnis online dengan mempromosikan produk-produknya melalui Instagram.
    Akun IG Kak Winda (desainer + ig mrketer)

    akun IG owner NewsisterzButik (Kak Astrid)

    banyak pengguna, Instagram menjadi media sosial yang banyak sekali peluang untuk berbisnis bagi para penggunanya, bisa dimanfaatkan sebagai media komunikasi
    pemasaran, melalui share foto-foto produk, dan tentunya memiliki banyak followers. Instagram memudahkan konsumen untuk melihat produk yang dijual dan dapat langsung memberi komentar di bawah foto yang diminati.
    b. Indikator Media Sosial Instagram
    Menurut pendapat ahli Atmoko[1] dalam bukunya Instagram Handbook yang menyatakan indikator dari sebuah media sosial yaitu:
    1.) Hashtag. Suatu label (tag) berupa kata yang diberikan awalan simbol tanda #. Fitur pagar (tanda pagar) ini penting karena sangat memudahkan pengguna untuk menemukan foto-foto yang tersebar di Instagram dengan label tertentu.
    2.) Lokasi (Geotag). Smartphone telah dilengkapi fitur geotag yang berguna untuk mengetahui lokasi tempat pengambilan gambar.
    3.) Follow. Suatu sistem dengan menjadi mengikuti suatu akun pengguna lainnya, atau memiliki pengikut Instagram.
    4.) Share. Foto atau video dari Instagram dapat dibagi melalui jejaring sosial lainnya.
    5.) Like. Simbol love, digunakan sebagai penanda bahwa pengguna yang lain menyukai foto yang telah diunggah oleh pengguna lain.
    6.) Comment atau komentar. Bagian dari interaksi dalam Instagram memberi komentar berupa saran, pujian, atau kritikan.
    7.) Mention. Menyinggung pengguna lainnya di dalam judul foto (caption) dan juga pada komentar foto, bertujuan untuk berkomunikasi dengan pengguna yang disinggung.
    c. Fitur Sosial Instagram
    Instagram sebagai media sosial berbagi foto memiliki dasar-dasar dalam penggunaanya. Menurut Landsverk yang dikutip dari Utari[2] fitur penggunaan Instagram meliputi:
    1.) Feed. Pada fitur ini pengguna dapat melihat postingan yang diunggah teman yang sudah diikuti.
    2.) Popular “tab”. Digunakan pengguna untuk melihat foto yang diunggah pengguna lain. Foto atau video yang masuk ke dalam halaman populer, merupakan tempat kumpulan dari foto-foto yang paling banyak disukai setiap waktunya. Jika ingin melihat suatu hal yang lebih spesifik, bisa menuliskan pada kolom pencarian username dan hashtag.
    3.) News and Updates. Dengan Instagram memungkinkan berinteraksi dengan teman yang diikuti melalui foto atau video yang diunggah dengan like atau comment dan memunculkan notifikasi pada akun kita yang memberikan informasi pengguna Instagram lain.
    4.) Like, Comment, Bookmark. Like atau comment pada Instagram adalah sebuah apresisasi dan penghargaan tersendiri bagi pengguna Instagram. Jika pengguna tertarik pada suatu unggahan, maka kita bisa memberikan like pada foto tersebut dengan memberikan double tap ditandai dengan muncul simbol love pada layar dan comment jika ingin berinteraksi dengan
    pengguna lain. Dalam Instagram memang tidak menyediakan fitur untuk download, namun apabila menyukai postingan tertentu dan ingin melihatnya lagi di lain waktu, fitur bookmark atau simpan.
    5.) Your Profile. Profil dapat dilihat pada ikon user, di pojok kanan bawah. Pada profile tersimpan arsip-arsip foto yang pernah diunggah.
    6.) Posting. Adalah sebutan ketika akan mengunggah foto. Foto yang akan diunggah dapat diberi filter bawaan dari Instagram agar terlihat menarik. Dikutip dari situs digitalmarketer.id[3], di tahun 2016 Instagram mempunyai fitur tambahan yakni Instagram
    Stories. Fitur ini mendorong pengguna agar membuat dan membagi konten lebih banyak lagi yang tidak akan muncul di profile grid atau dalam Instagram feed. Fitur ini memungkinkan pengguna mengirim foto dan video yang menghilang setelah 24 jam. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk pengembangan brand dengan membagi konten dibalik layar (behind-the-scenes).
    Dengan Insta stories, brand memiliki peluang untuk membawa followers ke dalam sebuah perjalanan dan menceritakan kisah dibalik postingan feed stories mereka. Selain itu di tahun 2017, Instagram menambahkan fitur Live Stories sama persis dengan fitur Facebook Live. Seperti yang dikutip dari portal cnnindonesia.com[4] bahwa untuk menggunakan fitur Live ini, pengguna cukup menyapu layar ke kanan dari laman feed dan pilih 'Start Live Video.' Setelah 'siaran' selesai, maka video Live tadi menghilang dari aplikasi. Saat pengguna sedang melakukan siaran langsung, pemberitahuan akan dikirimkan ke semua teman. Dengan begitu followers bisa menyaksikan siaran tersebut. Ada juga Top Live yang bakal menampilkan Live Stories terpopuler yang sedang mengudara.
    d. Instagram for Business (Instagram untuk Bisnis) Dikutip dari situs business.instagram.com[5], di tahun 2016 diluncurkan fitur alat bisnis Instagram baru untuk
    membantu perusahaan memahami pengikutnya dengan lebih baik dan dalam mengembangkan bisnisnya Dengan alat baru tersebut, perusahaan dengan berbagai ukuran dikenal dengan profil bisnis, memperoleh wawasan tentang pengikut dan kiriman, serta mempromosikan kiriman untuk mendorong tujuan bisnis semua di dalam aplikasi seluler Instagram. Artinya, pelanggan dapat melihat informasi penting di profil akun Instagram sebuah perusahaan—seperti alamat bisnis atau info kontak dari akun perusahaan. Dan dapat memperoleh informasi yang dapat ditindaklanjuti tentang kiriman yang memiliki kinerja
    terbaik, hari dan waktu terbaik untuk mengirim, serta perincian demografi pengikut akun perusahaan tersebut. Bisa juga untuk mempromosikan kiriman yang sudah pernah dibagikan, dan menyertakan tombol seperti “Pelajari Selengkapnya”, untuk menjangkau pelanggan baru di pemirsa target dari perusahaan.
    e. Instagram Ads (Advertising)
    Instagram memiliki banyak keuntungan yang sangat banyak sekali salah satunya beriklan melalui Instagram. Dengan menggunakan alat periklanan yang sama dengan Facebook Seperti yang diulas di situs digitalmarketer.id67 berikut merupakan beberapa keuntungan beriklan di Instagram:
    1.) Target konsumen yang spesifik
    2.) Lebih fleksibel
    3.) Lebih murah
    4.) Jangkauan lebih luas







    Setelah selesai menyampaikan materi adik-adik mahasiswa secara bergantian diberikan kesempatan untuk bertanya dan sharing tentang kendala yang dihadapi saat merintis usaha.
    Akhirnya acara diskusi entrpreneurship ini ditutup dengan doa dan ucapan terimakasih pada semua pihak yang telah bersedia membantu dan mensukseskan acara ini.
    Sampai ketemu di puncak kesuksesan....






    [1] Bambang Dwi Atmoko, Instagram Handbook, (Jakarta: Media Kita, 2012), hlm.21
    [2] Monica Utari, “Pengaruh Media Sosial Instagram Akun @Princessyahrini Terhadap Gaya
    Hidup Hedonis Para Followersnya”. Jurnal Ilmu Komunikasi FISIP, Vol.4 No.2, Oktober 2017,
    hlm. 10
    [3] Digital Marketer, “Updatean Terbaru: Social Media Instagram Meluncurkan Instagram
    Stories”,dalam https://digitalmarketer.id/social-media/updatean-terbaru-social-media-instagrammeluncurkan-
    instagram-stories/, diakses pada 07 April 2018 pukul 08.50 WIB
    [4] CNN Indonesia, “Instagram Kini Bisa Siaran Langsung”, dalam
    https://www.cnnindonesia.com/teknologi/,diakses pada 07 April 2018 pukul 10.00 WIB
    [5] Instagram Business, “Membuat Profil Bisnis di Instagram“, dalam
    https://business.instagram.com/blog/creating-a-business-profile-on-instagram/, diakses 01 Juli
    2018 pada 15.15 WIB

    No comments:

    Post a comment

    Tentang Dosenmuda.org

    Tentang Kami Bantuan Karir Kontak Kami

    Penghasilan tambahan

    Anda bisa mengajar secara online atau offline (datang ke rumah mahasiswa) dan raih penghasilan jutaan rupiah.

    Ikuti Kami Di

    Dosenmuda.org menyediakan kursus-kursus berkualitas (Massive Open Online Courses) yang dibawakan oleh para instruktur terbaik bangsa di platform berbasis online yang dapat diakses secara GRATIS sampai ke seluruh pelosok Indonesia.