• Welcome

    SELAMAT DATANG DI BLOG RESMI PUSAT INFORMASI DAN DISKUSI

    Selamat Datang di Virtual Study Dosenmuda.org

    Friday, 28 September 2018

    MUDA, MANDIRI DAN SUKSES BERBISNIS, SIAPAKAH MEREKA?

    Tokoh Wirausaha Foto Copy “KHARISMA”
    (create by Nailam Shofa 2013116381)

    Abdul Aziz atau biasa di panggil Aziz, beliau sendiri adalah om saya atau adik dari Ibu saya. Menurut saya, beliau tipe orang yang gampang bersosial, jujur, dermawan, dan pekerja keras. Adapun mengenai perjalanan karir nya di mulai sudah sejak dulu saat saya masih sekolah di bangku MIS/SD jadi,beliau sudah menggeluti bidang ini cukup lama. Beliau bekerja sebagai tukang sablon atau jasa percetakan , karena pekerjaan ini di dirikan sendiri oleh beliau maka beliau bekerja keras untuk mensukseskan usahanya. Dan waktu sebelum om saya menikah om saya masih serumah dengan ibu saya dan rumah kami di dalam desa masuk dari gang jalan raya atau kurang strategis tempatnya dan jangkauan orang tau tentang percetakan om saya sangat sedikit sehingga om saya pun bernisiatif untuk mengontrak toko yang strategis untuk memperluas usahanya. Dan setelah menyewa toko di pinggir jalan ternyata benar usahanya semakin maju dan banyak di kenal orang karena memang pada waktu itu percetakan masih minim di kalangan kecamatan saya. Dan pada umumnya percetakan , di percetakan om saya bisa menerima apa saja yang berkaitan dengan cetak mencetak misal cetak undangan,plastik,kartu nama, dll. Om saya juga bekerja sama dengan teman nya yang membuat dekorasi pernikahan,jadi lumayan lengkap untuk persiapan pernikahan. Mengenai nama KHARISMA sendiri karena bermaksud agar percetakan atau hasil cetakannya berbeda dengan yang lain atau ada karismatik yang di miliki tersendiri.
    Setelah beberapa tahun berkembang dan om saya menikah dan berkeluarga maka om saya berinisiatif untuk lebih memperluas usaha nya lagi. Dan di bukalah usaha foto copy dan alat-alat tulis karena memang pada awal berdiri percetakan jika ada yang memasan undangan seperti walimah maka konsumen yang memperbanyak percetakan hanya membuatkan formatnya. Maka dari itu foto copy sangat di perlukan.
    Dan pada saat tidak beberapa lama usaha foto copy itu jalan kontrak toko di pinggir jalan habis kontraknya sehingga percetakan di pindah di rumah istrinya. Dan saat itu juga para karyawannya keluar dan ada yang membuka usaha percetakan sendiri. Jadi om saya hanya bekerja sendiri dan dengan istrinya yang membantu. Namun, di balik semua itu usaha foto copy nya berkembang dan maju sehngga banyak penjualan yang di tambahkan seperti sembako,ice cream dll. Karena letak rumah istri om saya termasuk wilayah rame dan banyak di lewati orang. Dan dari itu juga om saya membuka cabang foto copy dan percetakan nya satu lagi yaitu di sebelah rumah orang tua saya atau rumah om saya yang dulu. Karena jalan nya sekarang beda dengan yang dulu. Jalan depan rumah saya merupakan akses jalan utama menuju Lembaga Pendidikan PAUD,TK,MIS,MTS jadi sekarang mulai menjadi jalan yang strategis.
    DOKUMENTASI
    Pemilik Usaha
    Kisah inspiratif pengusaha jamur tiram
    (create by Andita Dwi Palupiningtyas 2013116043)

    Pak Subedjo memiliki usaha jamur tiram dilebakbarang, beliau membudidayakan jamur khususnya jamur Tiram sejak tahun 2016 di rumahnya. Omzet perbulan budidaya jamurnya mencapai sekitar 15 juta. Menurut pak bedjo, usaha budidaya jamur yang dirintisnya dengan modal dua juta rupiah itu, seringkali kewalahan memenuhi pemintaan pasar, walaupun sekarang sudah mempunyai 3 karyawan yang membantu dan beliau juga memperkerjakan hampir 10 orang dari sekitar tempat tinggalnya untuk membantu mengisi baglog jamur.
    Pak bedjo selama satu bulan bisa memproduksi sekitar 4000 baglog jamur(bibit jamur tiram) pada awalnya ia hanya memproduksi 2000 baglog jamur. Dari 4000 baglog itu, setiap harinya bisa memanen 25-30kg jamur tiram yang ia bagi untuk disetor ke pasar karanganyar dan pasar Kajen. Dia pun sering diminta oleh pedagang pasar untuk menambah pasokan jamurnya, karena permintaan konsumen di pasar selalu banyak. Akhirnya pada tahun ini pak bedjo menambah tempat produksi jamurnya untuk memenuhi permintaan,  jamur tiram yang ia jual 10ribu per kilo. Dan semua itu tidaklah berjalan mulus karena pada saat lebaran banyak pedagang yang tutup sedangkan jamur dipanen setiap hari sehingga jamur tidak bisa dijual untuk menghindari penumpukan jamur kelamaan akhirnya hanya dibagikan ke masyarakat sekitar desa dengan gratis.
    Pak bedjo yang mengawali usahanya dari ikut pelatihan budidaya jamur yang diadakan dinas pertanian Kabupaten Pekalongan dan beberapa dinas terkait, menyatakan sangat terbuka dan senang sekali jika ada orang yang tertarik untuk usaha budidaya jamur. Ia pun siap berbagi pengalaman kepada siapapun yang datang kepadanya untuk belajar bersama budidaya jamur. Ia juga memaparkan, Budidaya jamur merupakan usaha rumahan yang tidak terlalu memakan waktu kerja, oleh daripada itu usaha ini sangatt cocok untuk usaha sampingan yang menguntungkan. Pak bedjo dikatakan sebagai seorang wirausaha karena memiliki usaha sendiri dan mampu memberikan manfaat untuk dirinya sendiri dan orang lain dan juga memiliki semangat yang tinggi sehingga usahanya bertahan hingga sekarang.

    KISAH INSPIRATIF TAUFIQUROHMAN IJAZAH HANYA SD, TAPI SUKSES BISNIS BATIK
    (Create by Siti Umi Hani Amalia 2013116205)

    1.      Kisah wirausahawan 1 (satu)
    Muhammad Taufiqurrahman, merupakan pria kelahiran semarang tahun 1990 yang menempat di kabupaten pekalongan yang hanya mengenyam pendidikan sampai kelas 6 SD, kemudian beliau ditempatkan di pondok peasantren al-Falah ploso Kediri Jawa Timur.
    Beliau adalah salah satu wirausahawan sarung batik yang cukup sukses menurut saya di kabupaten pekalongan. Sebelum beliau menjadi wirausahawan beliau merintis karirnya di pondok pesantren al-Utsmani yakni sebagai pengajar, atas ketakdziman beliau kepada sang guru, beliau di utus oleh sang guru untuk mengamalkan ilmunya di pondok pesantren al-Utsmani. Dengan berjalannya waktu, beliau merintis karirnya dari nol, tanpa melupakan ketakdzimannya pada sang guru. Meskipun bisnis sarung batik tersebut merupakan bisnis sampingannya, beliau tetap mempertahankan jati dirinya sebagai seorng santri yang takdzim pada sang guru. Karena beliau mempercayai bahwa “seorang guru adalah panutan yang harus ditakdzimi.”
    Beliau adalah anak ke 2 dari 6 bersaudara,  perjalanan pak Taufik penuh liku-liku yang cukup mengharukan. Terlahir dari rahim keluarga yang cukup sederhana, beliau sangat tekun dan ulet untuk menumbuhkan perekonomian keluarganya. Beliau tak pernah lupa kewajiban yang harus dipenuhinya.
    Dengan bermodalkan ketakdzimannya kepada sang guru beliau terus merintis usahanya dengan cara mempromosikan sarung batik kepada beberapa pondok pesantren selain itu juga dengan memanfaatkan smartphone yang dimilikinya. Sedikit demi sedikit keuntungan yang diperolehnya, beliau memberernikan diri untuk membeli sebuah sepeda motor untuk mengembangkan usahanya tersebut.
    Sampai saat ini beliau sudah menjadi wirausahawan yang cukup terkenal di kabupaten pekalongan.
    2.      Kisah wirausahawan 2 (dua)
    Tika apriliani, wanita kelahiran tegal, 4 April 1998 yang memberanikan dirinya untuk terjun di dunia bisnis online shop didesanya. Dia adalah salah satu teman dekat saya,  satu SMA dengan saya dan dia termasuk salah satu anak yang cerds di kelasnya, aktivis organisasi di sekolahnya.
    Sejak umur 2 tahun dia tinggal dengn neneknya tanpa didampingi oleh orang tua kandungnya, ayahnya meninggal dunia dan ibunya meninggalkan dirinya untuk menikah lagi dengan pria lain.
    Kehidupan dirinya benar-benar mengharukan, terlahir dari keluarga yang sederhana. Sejak usia SD ia memulai jualan jajanan-jajanan pasar di sekolahnya. karena dengan keterbatasan ekonomi yang dihadapi keluarganya, dia sadar akan kehidupannya tersebut, sehingga dengan tekun dan ulet melakukan penjualan jajanan tersebut untuk memperbaiki perekonomian keluarganya.
    Dengan berjalannya waktu, ada seorang pria yang menikahinya dengan tulus berkat keuletan dan kesabarannya untuk selalu bekerja keras. Dari situlah dia memulai bisnis onlinenya dengan mempromosikan produk-produknya di media sosial seperti : WA, FB, Instgram dan yang lainnya.
    Keuntungan yang di perolehnya bisa mencapai ratusan ribu perbulannya. Kemudian ia memberanikan dirinya untuk mempromosikan produk-produknya di seluruh kota. Produk-produk yang dipromosikannya adalah dari berbagai peralatan rumah tangga serta fashion wanita maupun pria. Sampai saat ini, dia tetap mejalankan usahannya.

    KISAH SUKSES IKKY SHOP
    Create By Oxta Devi Metiningtyas 2013116203


    Sukses adalah hak setiap orang. Seperti apapun latar belakang seseorang bila tekun menjalani sebuah usaha, tinggal menunggu waktu pasti akan menjadi pengusaha sukses juga. Setidaknya hal itu dialami oleh Rizky Jayanti, Warga Desa.Kuripan Kec. Subah Kab. Batang. Wanita yang telah menginjak usia kepala dua itu, alumni dari salah satu Universitas swasta di Semarang.
     Awalnya ia menyisihkan sebagian uang sakunya untuk melakukan bisnis fashion online shop, bisnis ini telah ditekuninya sejak tahun 2016 dan sekarang sudah mempunyai toko sendiri yang terletak di pasar Subah tidak jauh dari rumahnya. Ia sudah mempunyai dua orang karyawan, meskipun sudah mempunyai toko sendiri  pemilik ikky shop ini masih memasarkan produknya melalui sosial media juga. Selain baju ia juga menjual kerudung, sepatu, tas dan aksesoris. Toko ini dibuka mulai pukul 09.00 sampai pukul 20.00 WIB.

    Ia memacu minat pelanggan dengan mendokumentasikan produk miliknya, dengan meminta bantuan dari teman akrabnya. Saat ini, omset usahanya mencapai Rp 10.000.000 hingga Rp 15.000.000 perbulan. Dia tidak mesa puas dengan hasil yang dia capai sekarang, dia bertekad untuk membuka cabang dibeberapa daerah.

    No comments:

    Post a comment

    Tentang Dosenmuda.org

    Tentang Kami Bantuan Karir Kontak Kami

    Penghasilan tambahan

    Anda bisa mengajar secara online atau offline (datang ke rumah mahasiswa) dan raih penghasilan jutaan rupiah.

    Ikuti Kami Di

    Dosenmuda.org menyediakan kursus-kursus berkualitas (Massive Open Online Courses) yang dibawakan oleh para instruktur terbaik bangsa di platform berbasis online yang dapat diakses secara GRATIS sampai ke seluruh pelosok Indonesia.