• Welcome

    SELAMAT DATANG DI BLOG RESMI PUSAT INFORMASI DAN DISKUSI

    Selamat Datang di Virtual Study Dosenmuda.org

    Friday, 28 September 2018

    KISAH SUKSES PENGUSAHA MUDA SEKITAR PEKALONGAN DAN BATANG

    KISAH INSPIRATIF “AYAHKU PAHLAWANKU”
    (Create by Rafida Hasis Husana 2013116130)


    1.      Menurut saya yang dianggap wirausaha adalah ayah saya Bpk. Hadi Sisworo, usaha beliau adalah konveksi.
    2.      Karena usahanya tidak sekedar tumpangan hidup saja,dibangun setahap demi setahap sehingga usahanya bertumbuh dari sedikit karyawan menjadi lebih banyak, dari hasil produksi yang sedikit menjadi banyak serta dapat lebih luas untuk memasarkan produknya dan sudah memiliki merk sendiri. Sudah terbiasa dengan ketidakpastian, karena dalam usaha konveksi ini kadang bisa redup, bahkan pada awal membangun usaha ini masih minim pegetahuan, banyak kesulitan dan berbagai tantangan bahkan seperti pada saat awal pertama membangun usaha ini ayah saya sering ditipu tetapi masih tetap bangkit dan meneruskan usahanya sampai sekarang. Usahaini sesungguhnya bukan hanya spekulatif karena dapat menanggung resiko dan bekerja keras bukan untuk waktu yang singkat dan menggeluti usahanya tidak sekedar ala kadarnya, karena membangun usaha ini dengan keberanian untuk menanggung resiko-resiko yang ada serta kegigihan, tidak mudah putus asa disaat usahanya down.

    Kisah Inspiratif “AYAM KREMEZ MBAK LISTA
    Create By Rika Aryani 2013116010

    Sulista adalah seorang wirausaha makanan yang sering dipanggil mbak lista. Ia memulai bisnis ayam kremez sudah dari 5 tahun yang lalu. Dengan modal belanja awal 300rb sekarang usaha ayam kremez nya sudah berkembang pesat di kalangan masyarakat. Selain dibuka rumah makan, ia juga membuka bisnis chatering ayam kremez tersebut. Mbak lista membuka usaha ayam kremez ini karna keinginan ia sendiri dan juga supaya bisa menyalurkan bakat dan hobbi nya. Sebelum membuka usaha ini, mbak lista pernah membuka usaha lain yaitu usaha kayu. Namun, untuk akhir - akhir ini ia sedang memfokuskan dalam bidang kuliner. Walaupun ayam kremez ini terbilang masih kecil, namun untuk pesanan chatering nya sendiri sudah banyak yang memesan. Karna beliau promosi tidak hanya lewat media sosial saja melainkan langsung dengan instansi - instansi seperti Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, Polres, Polsek, Kantor KUA, Sekolah - sekolah dan masih banyak lainnya. Tempat rumah makan ini juga sangat strategis karna bertempat di pinggir jalan raya. Kendala yang dialami mbak lista hanya masalah pekerja. Sering kali ia kekurangan pekerja di saat pesanan sedang banyak. Namun itu tidak membuat mbak lista putus asa karena ia yakin dengan tangannya sendiri pun ia bisa. Ia merupakan seseorang yang gigih dalam mengembangkan usahanya sehingga dapat memotivasi saya untuk mengikuti karir nya membuka usaha ayam kremez tersebut.
    Profil Pemilik Usaha
    Nama : Sulista
    Umur : 38 tahun
    Pendidikan : SMK 1 Pekalongan (Jurusan Tata Boga)
    Hobi : Masak

    Nama   : RinaRifatulHaviah
    Nim     : 2013116316
    Kelas   : Kewirausahaan F

    KISAH INSPIRATIF OWNER “MEUBEL GHOFIZ”
    Create by Rina Rifatul Havinah 20131166316

    Usaha ini bergerak dibidang mebel yang dinamakan “Meubel Ghofiz”, jenis usaha yang menjual perlengkapan rumah, diantaranya : spring bed, kasurbusa, lemariplastik, lemarikayu, lemari tempat perlengkapan dapur¸kursi, sofa, dsb. Usaha ini berdiri kurang lebih enam tahun. Usaha          ini berdiri dengan biaya dari   modal sendiri dan menghasilkan keuntungan dalam satu hari mencapai lebih dari Rp. 5.000.000,- . Usaha ini menggunakan system delivery order dan meubel ini sebagai supplier dengan mendropship reseller lainnya.
    Meuble ini mempunyai 5 orang pegawai yang setiap harinya mengirimkan barang ketempat pembeli ataupun ke reseller, dalam satu hari seorang pengusaha ini selalu memperoleh keuntungan, dan setiap harinya ada pengiriman barang lebih dari 10 barang pesanan pelanggan. System kerja dari pegawainya dibagi menjadi 2 shift yaitu pagi dan siang hari. Pengiriman barang tidak hnaya berada di sekitar Kajen saja namun bahkan sampai keluar desa sesuai permintaan pelanggan.

    Wirausaha dibidang Meubel
    Nama pemilik  : Ibu Sri
    Alamat            : DesaRowolaku, Kajen.

    Pengusaha ini memulai usahanya atas inisiatif sendiri, karena sebelum membangun usaha tersebut Ibu sri sudah berpengalaman kerja di Bursa Efek, dan memutuskan untuk membangun usaha tersebut bersamasuaminya


    KISAH INSPIRATIF WIRAUSAHA BAPAK MASRUKHI
    “BOS KONVEKSI” DI DESA GANDU
    (Create by Rizqi Kurnianingsih 2013116179)


    Bapak Masrukhi bertempat tinggal di Desa Gandu, Kec. Comal, Kab. Pemalang saat ini usianya baru memasuki 38 tahun. Memiliki seorang anak perempuan masih kecil berumur 4 tahun yang bernama Naila Milatus Solihah. Dan istrinya Ibu Yulikhatin seorang guru sekolah dasar di Desa Gandu. Bapak Masrukhi hanya mengenyam pendidikan SD. Meniti karir usahanya dari beliau masih muda. Awal mulanya beliau hanya anak perantau sebagai pedagang celana keliling (di daerah Comal menyebutnya “tukang jolok / dagang kolor”) yang mengambil barang melalui bos bos konveksi di desa Gandu dan dijual di kota-kota besar. Saat merantau beliau tidak sendiri, bersama teman-temannya merantau ke kota. Beliau pernah berdagang celana di Bali bahkan Lombok.
    Bpk Masrukhi menceritakan pengalaman pahit hidupnya sebelum menapaki kesuksesannya, karena yang namanya usaha pasti bukannya tanpa kendala. Seperti sayur tanpa garam. Beliau berulang kali menghadapi banyak rintangan. Mulai dari pernah seharian dagangannya tidak laku, dan saat perjalanan pulang ke tempat kontrakannya ada anjing milik rumah orang yang mengejar dan menggigit dagangan beliau sampai banyak yang robek. Beliau hanya bisa bersabar apapun yang dihadapinya, tetap semangat, pantang mundur dan menyerah walau rintangan menghadang.
    Empat tahun berlalu sebagai tukang jolok. Bermula dari seringnya mendengar kabar ibunya yang sakit-sakitan. Sekitar tahun 2007, beliau akhirnya memutuskan untuk tidak merantau lagi dan bekerja di rumah, sambil mengurus ibunya yang sakit. Bpk Masrukhi memang termasuk anak yang berbakti kepada orang tuanya dan sangat penyayang. Modal awal beliau hanya 3 buah mesin jahit di rumahnya. Sampai akhirnya mendirikan konveksi yang memproduksi berbagai jenis celana. Mulai dari celana borju, diadora, model ayu ting-ting, celana aro, boxer, spot, sopalan, cewean, training, hawe, ondot, dan model lainnya. Dari yang panjang sampai pendek, untuk dewasa maupun anak-anak.
    Pemasarannya semakin berkembang hingga keluar daerah seperti Jakarta, Cikampek, bahkan sampai juga di luar jawa, seperti Medan, Bali dan Lombok. Rumah Konveksi dikelola oleh 3 orang, yaitu Bpk Masrukhi, Bpk Saekhu, dan Ibu Nok Zuhroh. Yang mana mereka merupakan 3 bersaudara kakak beradik. Rumah Konveksi mulanya bernama JM Collection dan beberapa tahun belakangan ini diganti dengan nama Naila Collection. Kekompakan kakak beradik dalam mengelola bisnis ini sangat baik jika dilihat dari kesuksesan yang mereka capai saat ini. Mereka membagi tugas dan saling membantu satu sama lain. Bpk Rukhi dibagian produksi, Bpk Saekhu dibagian pengiriman barang, dan Ibu Nok Zuhroh dibagian supervisor di Rumah Konveksi Naila Collection.
    Dari Rumah Konveksi Naila Collection ini omset yang diraup Bpk Rukhi per bulannya sekitar 90 juta. Jumlah karyawan saat ini mencapai 40 orang. Pengiriman satu minggu tidak kurang dari 4 kali, bahkan tidak jarang seminggu full pengiriman barang. Dua bulan ini membuka cabang baru yang dikonsep seperti Garmen dengan gaji karyawan UMK (Upah Minimum Kecamatan). Motivasi dari Bpk Masrukhi yaitu selalu patuh kepada orang tua, selalu menyenangkan hati orang tua, karena restu dan doanya yang membuatnya hingga sampai saat ini semakin berkembang. Jangan mudah menyerah dan selalu ingat kepada Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
    Dokumentasi :

    Wirausaha “Toko Sembako dan Fotocopy Adinda”
    (Create by Rizta Evindionita 2013116171)


    Toko sembako dan toko fotocopy "Adinda" merupakan usaha milik ibu Hj.Rosdiyah. Toko yang dibangun di jalan Pahlawan dukuh rowolaku, RT 1 RW 1 no.1 kec. Kajen kab. Pekalongan ini didirikan sejak tahun 2015 toko ini dibangun tepat didepan rumah pemilik toko itu sendiri. Toko tersebut awalnya dibangun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat disekitarnya. Karena pada saat itu belum banyak toko sembako dan fotocopyan yg dididirikan sehingga hal itu juga membuka peluang lebih besar untuk menjalankan usaha tersebut.
    Dari sumber yang saya dapatkan. Dalam membangun usaha tersebut, beliau menghabiskan dana sekitar Rp.15.000.000,- . Awalnya Toko sembako "Adinda" hanya menjual kebutuhan pokok alakadarnya seperti beras, gula, telur, dan semacamnya. Kemudian untuk Toko fotocopy "Adinda" hanya menyediakan mesin fotocopy dan menjual pulsa. Namun, setelah berjalan 3 tahun usaha tersebut telah membuahkan hasil.
    Semakin  bertumbuhnya usaha tersebut dapat dilihat dari semakin lengkapnya produk yang dijual di toko sembako mulai dari bahan pokok makanan, aneka macam camilan, aneka perlengkapan rumah tangga, dsb. Kemudian di toko fotocopy juga semakin lengkap dengan peralatan sekolah, pernak pernik untuk perempuan, juga menjual pulsa, kuota, dan aksesoris handphone. Toko "Adinda" sekarang telah memiliki 3 karyawan. Kemudian untuk saat ini omset bersih yang dihasilkan dari tiap bulannya mencapai Rp.2.000.000,-
    Tak hanya sampai pada toko sembako dan fotocopy. Pemilik usaha juga membuka kos-kosan di rumahnya. Sekarang sudah ada 5 kamar yang disewakan untuk para mahasiswa. Kemudian karena banyaknya mahasiswa yang mencari tempat kos. Beliau pun berinisiatif untuk membangun kos-kosan lagi. Kabarnya saat ini kos-kosan yang terletak tidak jauh dari kampus IAIN Pekalongan itu sedang dalam proses pembangunan, ada 14 kamar yang akan disewakan dan siap dihuni pada tahun 2019 mendatang.


    Berikut ini adalah hasil dari wawancara dan dokumentasi saya dengan pemilik usaha dan beberapa foto Toko Adinda yang telah berhasil saya ambil.

    No comments:

    Post a comment

    Tentang Dosenmuda.org

    Tentang Kami Bantuan Karir Kontak Kami

    Penghasilan tambahan

    Anda bisa mengajar secara online atau offline (datang ke rumah mahasiswa) dan raih penghasilan jutaan rupiah.

    Ikuti Kami Di

    Dosenmuda.org menyediakan kursus-kursus berkualitas (Massive Open Online Courses) yang dibawakan oleh para instruktur terbaik bangsa di platform berbasis online yang dapat diakses secara GRATIS sampai ke seluruh pelosok Indonesia.