• Welcome

    SELAMAT DATANG DI BLOG RESMI PUSAT INFORMASI DAN DISKUSI

    Selamat Datang di Virtual Study Dosenmuda.org

    Wednesday, 19 September 2018

    Kisah Inspiratif Yuliani sarjana Kesehatan Masyarakat Yang Sukses Bisnis Online

    Kisah Inspiratif Yuliani sarjana Kesehatan Masyarakat Yang Sukses Bisnis Online
    (Create by : EVI YUNITA 2013116090)

    Yuliani layak dinobatkan sebagai wirausaha, Di usianya yang relatif muda (24 tahun). Wanita kelahiran 2 Juli 1994 ini merupakan sosok yang inspiratif. Yuli sapaan akrabnya, merintis bisnis online sebagai Supplier Fashion Wanita sejak tahun 2015.
    Sekolah sambil berjualan
                Mulanya ia berjualan celana jeans yang tak lain celana jeans tersebut ia ambil dari produk milik orang tua nya. Ia mencoba menawarkan produk jualannya kepada teman satu kelasnya. Saat itu ia masih duduk di bangku SMA di SMANDUNG (SMA 1 Kedungwuni). Awalnya tidak ada yang tertarik dengan produk yang ia jual. Namun ia tetap tekun, setiap hari ia selalu membawa celana jeans jualannya hingga ada teman yang tertarik kemudian membeli produknya. Selama SMA ia tidak hanya menjual celana jeans saja, celana kulot, baju, dan lainnya. Menurutnya apa saja bisa dijual asalkan halal.
    Geluti bisnis online sejak mahasiswa
                Ketika masih menyandang status sebagai mahasiswa di Universitas Pekalongan Prodi KESMAS (Kesehatan Masyarakat), ia sudah berkenalan dengan dunia bisnis online. Ia menekuni bisnis sebagai penyuplai kosmetik.
    Uang saku yang ia tabung diputarkannya sebagai modal. Orang tuanya tak pernah menanyakan dari mana ia mendapatkan modal untuk bisnisnya tersebut. Awal Memulai bisnis online ia memesan produknya dalam jumlah yang tidak banyak karena masih sebagai reseller.Seiring berjalannya waktu, terlihat bisnisnya berkembang, mulai dikenal khalayak luas. Sejak saat itu ia menjadi penyuplai berbagai produk Fashion Wanita, produknya ia ambil dari Jakarta, barulah ia mulai memikirkan tempat untuk menyetok produknya. Modal sekitar 5 Juta ia keluarkan, keuntungan selama bisnis online ia gunakan untuk memajukan bisnisnya, ia kemudian memanfaatkan ruangan yang kosong disamping rumahnya yang semula ruangan itu adalah konveksi menjadi tempat bisnisnya.

    Ditipu pelanggan
                Bisnis online yang Yuli tekuni tidak begitu saja berjalan mulus. Ada saja pelanggan yang membuatnya kesal. Pelanggan yang telah memesan produknya dengan seenaknya membatalkan pesanan bahkan saat ia masih bertransaksi produk dengan sistem COD pelanggannya tidak menemuinya, padahal ia telah menunggu lama. Tetapi ia tetap sabar, mulai memutar otak, menawarkan kembali produknya kepada pelanggan lain dan berharap produk yang sudah dibatalkan tadi dibeli. Berulang kali kejadian tersebut ia alami, sampai sekarang para pelanggan dapat datang langsung ke tempat usahanya pun banyak yang membatalkan pesanannya. Namun bedanya pelanggan bisa meretur produk karena produk sudah dibeli dan dibawa.


    Berhenti bekerja, berhasil jadi pebisnis online
    Yuli pernah dimarahi oleh orang tua nya karena berhenti menjadi pegawai di salah satu Bank Swasta padahal sudah sebulan ia bekerja sebagai pegawai bank, Sebuah hal yang wajar di tengah banyaknya orang tua yang berpikiran setelah lulus kuliah anaknya dapat bekerja dan berharap anaknya dapat menjadi pegawai tetap. Sebelum jadi pegawai bank, Yuli juga pernah bekerja di Hotel bagian resepsionis, tapi tidak berselang lama ia juga memutuskan berhenti dari pekerjaannya.Menurutnya merasa enak menjadi wirausaha jadi bos daripada jadi karyawan ia  merasa tidak kerasa karena terikat dengan bos.
                Usaha atau berbisnis online dipilih sebagai jalan hidupnya dalam menjemput rejeki. Kini Yuli telah menjawab kekecewaan orang tua nya dengan cerita yang manis. Setelah berhasil berbisnis online dari Supplier kosmetik ia memperluas bisnisnya menjadi Supplier Fashion Wanita. Banyak yang berminat untuk menjadi resellernya, ia mempermudah para reseller dengan tidak adanya kartu member, jadi bagi siapa saja yang ingin dan mau berbisnis online, mereka hanya datang membeli produk-produknya yang ia stok di rumahnya yang beralamat di Desa Jrebengkembang, dukuh Kedolon Lor sehingga reseller dapat langsung menjual produknya.Toko bisnisnya ia beri nama HSS Pekalongan. ia menawarkan produk melalui Whatshapp, Facebook, dan Instagram.
                Tahun 2018 ini, sudah ada 200 lebih reseller yang menjalin bisnis dengannya. Tidak hanya Anak SMA, Mahasiswa, maupun pekerja saja yang menjadi para reseller, ibu-ibu rumah tangga pun ikut menjadi resellernya.Dari bisnisnya ini, ia bisa mendapat omset mencapai 3-5 juta per bulan, sebuah hasil yang lebih menguntungkan jika dibanding sebelumnya sebagai pegawai bank dan resepsionis hotel. Oleh sebab itu, ia terus mengembangkan bisnisnya, memperkenalkan bisnis online khususnya kepada warga Karangdadap untuk bekerjasama menambah pendapatan.



    No comments:

    Post a comment

    Tentang Dosenmuda.org

    Tentang Kami Bantuan Karir Kontak Kami

    Penghasilan tambahan

    Anda bisa mengajar secara online atau offline (datang ke rumah mahasiswa) dan raih penghasilan jutaan rupiah.

    Ikuti Kami Di

    Dosenmuda.org menyediakan kursus-kursus berkualitas (Massive Open Online Courses) yang dibawakan oleh para instruktur terbaik bangsa di platform berbasis online yang dapat diakses secara GRATIS sampai ke seluruh pelosok Indonesia.