• Welcome

    SELAMAT DATANG DI BLOG RESMI PUSAT INFORMASI DAN DISKUSI

    Selamat Datang di Virtual Study Dosenmuda.org

    Wednesday, 12 September 2018

    KISAH INSPIRATIF PENJUAL IKAN

    KISAH INSPIRATIF PENJUAL IKAN 

    Deskripsi hasil wawancara dengan seorang wirausaha yang ada disekitar tempat tinggal.
    Pada kesempatan ini, saya melakukan tugas wawancara dengan seorang penjual ikan di pasar. Usaha ini dirintis padaawal 2005 sampai dengan sekarang oleh sepasang suami istri yaitu Bapak Rudianto dan Ibu Umi Kholifah. Usaha ini bisa dibilang sukses, buktinya masih bertahan sampai sekarang. Modal awal usaha ini yaitu sebesar Rp. 50.000,- tetapi hanya ikan laut yang dijual, dan sampai pada akhirnya beliau juga menjual ikan tawar. Mereka memasarkan ikan setiap hari di pasar Gorong, Juragan. Hampir setiap hari Bapak Rudianto pergi pagi sekitar jam 03.30 untuk kulakan ikan di Kampung Gili, Batang dan kemudian dijual di pasar, sampai kurang lebih selesai jam 11.00.Setiap hari biasanya kulakan sebanyak kurang lebih 1 kwintal, dan biasanya habis terjual semua, kadang hanya tersisa kira-kira 2-3 kg saja. Jenis ikan yang dijual ada ikan tawar dan ikan laut. Untuk ikan laut dijual jika sedang musim saja (musiman), untuk sehari-hari sudah pasti ikan tawar yang dijual. Jenis ikan tawar yang dijual beragam, yaitu ada ikan lele, bawal, bandeng, mujair. Dalam sehari, banyaknya ikan yang dibeli berbeda-beda. Untuk ikan lele sebanyak 30 kg, bandeng 30 kg, mujair 10 kg bawal 20 kg, kadang lebih. Sehari omzet yang dicapai kurang lebih 2 juta (bersih).
    Di lingkungan beliau tinggal dari kecil hingga remaja, memang kebanyakan warga di sana berpencaharian sebagai pencari ikan, karena tempat tinggalnya dekat dengan laut. Dari situlah beliau mulai menjadi penjual ikan. Bisa di bilang sifat menjadi wirausaha ini karena turunan dari keluarganya. Sebelumnya, Bapak Rudianto ini setelah lulus SMP sempat merantau ke Jakarta. Beliau sempat bekerja di suatu konveksi sebagai penjahit dan kemudian beliau memutuskan untuk berdagang. Dari situlah basic ia menjadi wirausaha itu berawal.

    Usaha ini merupakan sebagai mata pencaharian pokok. Di samping itu Bapak Rudianto juga bekerja sebagai pekerja harian lepas di DPU PR (Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) di Kabupaten Batang.Seiring berjalannya waktu, hingga usahanya mencapai kesuksesan, Bapak Rudianto dan Istrinya kemudian membuka sebuah toko pakaian di rumahnya.

    Penulis
    nama : Eka Efiana
    Nim : 2013116223

    No comments:

    Post a comment

    Tentang Dosenmuda.org

    Tentang Kami Bantuan Karir Kontak Kami

    Penghasilan tambahan

    Anda bisa mengajar secara online atau offline (datang ke rumah mahasiswa) dan raih penghasilan jutaan rupiah.

    Ikuti Kami Di

    Dosenmuda.org menyediakan kursus-kursus berkualitas (Massive Open Online Courses) yang dibawakan oleh para instruktur terbaik bangsa di platform berbasis online yang dapat diakses secara GRATIS sampai ke seluruh pelosok Indonesia.