• Welcome

    SELAMAT DATANG DI BLOG RESMI PUSAT INFORMASI DAN DISKUSI

    Selamat Datang di Virtual Study Dosenmuda.org

    Wednesday, 12 September 2018

    BATIK RIZKY, TUMBUH DAN BERINOVASI SEJAK 1990-an (bapak Burhan, SE – Batang)

    BATIK RIZKY, TUMBUH DAN BERINOVASI SEJAK 1990-an

    (bapak Burhan, SE – Batang)
    Batik Rizky

    Batik Rizky merupakan toko batik yang terletak di Jl. KH. Wahid Hasyim 242, kelurahan Kauman, Batang. Pemilik dari toko ini ialah bapak Burhan, SE yang mengawali usaha batiknya sejak tahun 1990.
    Pada tahun 1990 bapak Burhan mulai menggeluti usaha batik karena pada era tersebut batik sangat di kagumi oleh masyarakat. Peluang inilah yang menjadikan bapak Burhan memulai produksi baju-baju batik dengan motif dan warna khas Batang-an.
    Pada awal pendirian usahanya, Batik Rizky bergabung dengan KPBS (Koperasi Pengusaha Batik Setono) yang menerapkan sistem dimana kain mori berasal dari KPBS yang kemudian hasil produksi diberikan kembali pada KPBS. Dengan kata lain segala proses pemasaran, motif atau permintaan produksi semuanya berasal dari KPBS. Disini Batik Rizky hanya memenuhi permintaan dari koperasi saja.
                Namun sebagai seorang wirausahawan yang menginginkan usahanya selalu tumbuh dan berkembang, bapak Burhan tidak hanya bekerja sama dengan KPBS saja. Dengan modal yang memadahi, bapak Burhan mengembangkan usahanya dengan mendirikan sendiri showroom (galeri) di dekat perempatan Tampangsono, Batang. Sehingga terpisah antara workshop (yang terletak di Jl. A.Yani II No.3 Batang) dengan showroom.
                Kesuksesan bisnis yang dilakoni bapak Burhan juga dihasilkan oleh dukungan pemerintah. Pada tahun 2002, tepatnya di masa kepemimpinan bupati Batang yakni Bambang Bintoro, SE yang menerapkan intruksi agar para Pegawai Pemerintahan Daerah Batang mengenakan baju batik pada hari-hari tertentu.
                Sekarang, Batik Rizky memproduksi berbagai macam produk mulai dari pakaian batik (sudah jadi) hingga kain panjang batik yang disiapkan untuk para pengrajin batik pemula. Hingga saat ini Batik Rizky sudah memasarkan produknya ke berbagai daerah di Indonesia. Dari yang terpopuler diantaranya yaitu Batang-Pekalongan, Solo, Yogyakarta dan Jakarta. Tak jarang Batik Rizky juga memperoleh pemesanan dari luar negeri.
    Agar usahanya makin dikenal oleh masyarakat dan disebut sebagai “rajanya batik”, Batik Rizky tak pernah absen dari pameran-pameran baik itu di tingkat regional maupun tingkat nasional.

    Penulis:
    Agung Tri Wandana
    2013116293
    IAIN Pekalongan

    No comments:

    Post a comment

    Tentang Dosenmuda.org

    Tentang Kami Bantuan Karir Kontak Kami

    Penghasilan tambahan

    Anda bisa mengajar secara online atau offline (datang ke rumah mahasiswa) dan raih penghasilan jutaan rupiah.

    Ikuti Kami Di

    Dosenmuda.org menyediakan kursus-kursus berkualitas (Massive Open Online Courses) yang dibawakan oleh para instruktur terbaik bangsa di platform berbasis online yang dapat diakses secara GRATIS sampai ke seluruh pelosok Indonesia.